Pelaku Usaha di Indonesia teken kontrak kerja sama dengan salah satu mitra dagang Malaysia dilaporkan mencapai nilai 87,89 juta dolar AS difasilitasi oleh Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan. Nilai total perdagangan antar Indonesia – Malaysia saat ini terus mengalami peningkatan, memberikan efek positif bagi nilai ekonomi dua negara.
Ada penandatanganan 18 nota kesepahaman serta Single Purchasing Statement atau SPS diantaranya meliputi komoditas palm acid, berbagai jenis makanan dan minuman, kopi, bumbu, minuman herbal, teh hingga busana muslim. Mengingat negara Indonesia dan Malaysia merupakan negara serumpun yang sama-sama merupakan mayoritas Muslim.
Trade Expo Indonesia
Penandatanganan Kontrak dagang antar dua negara ini berlangsung pada minggu kedua pelaksanaan kegiatan pameran dagang Trade Expo Indonesia Digital Edition tahun 2021. Pameran dagang tersebut memang menjadi ajang tahunan yang paling ditunggu-tunggu para pelaku bisnis di Indonesia.
Trade Expo Indonesia pada tahun 2021 kali ini berlangsung pada tanggal 21 Oktober sampai 4 November 2021 secara hibrida langsung dari Kantor Kementerian Perdagangan. Hal tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional melawan pandemi.
Gelaran Trade Expo Indonesia yang ke – 36 Digital Edition ini memiliki tema ‘Reviving Global Trade’ berlangsung secara daring dan showcase yang rencananya akan digelar sampai tanggal 20 Desember 2021. TEI Digital dibuat untuk mendorong transformasi perdagangan secara digital dan meningkatkan transaksi dagang secara daring.
TEI 2021 akan menyajikan showcase dengan konsep katalog digital agar memberikan keleluasan antara peserta dengan pengunjung untuk mengeksplorasi informasi produk yang diunggulkan oleh setiap perusahaan. Delapan kategori TEI 2021 yaitu digital lifestyle dan services, manufactured product, fashion dan beauty, medical dan healthcare, halal product, living comfort dan amenities, food dan beverage products serta renewable energy.
TEI 2021 menargetkan pencapaian nilai transaksi dagang hingga USD 1,5 miliar dan sampai saat ini sudah terdaftar 1000 perusahaan serta 500 ribu pengunjung. Sementara pada tahun 2020 gelaran TEI secara virtual dihadiri oleh 7.456 buyers dari 127 negara dan telah mencapai total transaksi sebesar UST 1.3 miliar.
Perdagangan Indonesia – Malaysia
Menurut Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi yang bertindak sebagai fasilitator perdagangan tersebut, pada periode Januari-Agustus tahun 2021 ini perdagangan Indonesia dengan Malaysia sudah mengalami kenaikan. Pada periode yang sama tahun lalu telah terjadi peningkatan sebesar 49,3 persen dan saat ini sudah mencapai 13,4 miliar dolar AS.
Sementara Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono yang ikut menjadi saksi penandatanganan menyebutkan bahwa saat ini kondisi ekonomi Malaysia sudah mulai mengalami kenaikan dan pulih dari tekanan akibat pandemi. Hal ini dibuktikan dengan semakin terlihatnya geliat ekonomi di berbagai sektor ekonomi menanggapi kebijakan pembatasan sosial yang diberlakukan di Malaysia.
Menurut Hermono berbagai sektor ekonomi di Malaysia sudah mulai berjalan dan memberikan efek nyata pada meningkatnya permintaan berbagai macam produk dari Indonesia. Kondisi ini terus membaik mengingat penanganan covid-19 di Malaysia dan dunia yang semakin baik.
Pada tahun sebelumnya untuk periode Januari-Agustus perdagangan antar Indonesia – Malaysia tercatat sebesar 9 Miliar Dolar AS. Sementara surplus perdagangan Indonesia sebesar UA$593 juta, surplus ini dihasilkan dari berbagai produk eskpor dari Indonesia ke Malaysia yang mencapai 4,79 miliar Dolar AS serta Impor Indonesia dari Malaysia mencapai 4,20 miliar Dolar AS.
Transaksi Meningkat Dalam TEI 2021
Trade Expo Indonesia tahun 2021 yang ke – 36 Digital Edition pada hari ke tiga dilaporkan telah mencapai transaksi sebesar USD 802,38 juta. Pencapaian ini sangat membanggakan dan membuat pemerintah semakin optimis dapat mencapai target USD 1,5 miliar nilai transaksi.
Menurut Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi selama tiga hari pelaksanaan TEI 2021 Digital Edition sudah dilakukan 41 penandatangan MoU. Penandatangan tersebut dilakukan dengan 12 negara yang mengikuti kegiatan TEI tahun ini, menyambut positif perdagangan produk Indonesia yang diikuti lebih dari 1000 produk.
Didi menyampaikan gelaran Trade Expo Indonesia 2021 Digital Edition disambut baik oleh buyers dari berbagai negara yang mendukung bangkitnya ekonomi global. Pemerintah juga yakin bahwa TEI 2021 kali ini akan mencapai target yang telah ditetapkan.