Pusat Edukasi

Rumah Pusat Edukasi Belajar Forex Pusat Edukasi Gratis Informasi Indikator Bulls Power pada Metatrader 5

Informasi Indikator Bulls Power pada Metatrader 5

by Didimax Team

Jika Anda menggunakan MetaTrader 5 maka harus paham mengenai indikator bulls power yang dimanfaatkan dalam analisis pasar keuangan. Bahkan indikator ini bermanfaat untuk mengukur kekuatan dan momentum pasar. 

Tidak heran dalam memanfaatkannya membantu Anda dalam mengidentifikasi perubahan dalam trend pasar sekaligus mengambil keputusan dengan tepat. Jika Anda menggunakan indikator ini dalam MetaTrader 5 maka bisa memperluas alat analisis teknikal. 

Sebelum menggunakannya harus pahami dengan baik agar tidak melakukan kesalahan fatal yang merugikan. Sangat disayangkan jika Anda tidak memahami indikator bulls power sebab memberikan pengaruh besar dalam kemudahan mendapatkan keuntungan saat trading

 

Gambaran Dasar Mengenai Indikator Bulls Power

Sebelum menggunakannya maka wajib paham apa itu indikator bulls power yang merupakan salah satu indikator teknikal yang berpengaruh dalam analisis pasar keuangan. Melalui parameter ini maka bisa memberikan gambaran mengenai suasana hati para pembeli di pasar sebab mengukur kekuatan pelaku dan dominasinya pada pergerakan harga. 

Menjadi salah satu indikator yang tersedia di MetaTrader 5 dimana awalnya dikembangkan oleh Alexander Elder. Elder sendiri adalah trader sekaligus penulis terkenal dimana telah menciptakan berbagai sistem analisis teknikal yang besar dan dikenal sebagai tr iple screen trading system. 

Indikator ini dihitung berdasarkan perbedaan harga tertinggi periode saat ini dengan harga penutupan di periode sebelumnya. Jika nilainya positif maka menunjukkan kekuatan pembeli lebih tinggi sehingga ada potensi pergerakan harga bullish kuat. Namun saat nilai parameter negatif maka pembeli mengalami pelemahan dan ada potensi pergerakan harga bearish. 

Cara terbaik agar mendapatkan keuntungan dengan indikator bulls power adalah menggunakannya untuk menemukan entri awal. Daripada menunggu histogram meninggalkan zona positif untuk melakukan penjualan maka ada baiknya mencari divergensi. Divergensi terjadi saat tren harga dan histogram bergerak berlawanan arah sehingga harus bersiap-siap menghadapi penurunan harga yang kuat. 

Panduan dalam Menggunakannya Saat Trading

Dalam menggunakan indikator bulls power tidak boleh sembarangan agar hasilnya memuaskan. Inilah beberapa langkah yang harus diperhatikan agar hasilnya positif. Berikut panduannya yaitu: 

1. Memasang indikator 

Buka platform MetaTrader 5 dan pasang indikator ini ke grafik harga yang ingin dianalisis. Caranya dengan mencari tombol “insert” di bagian menu atas kemudian pilih “indicator” dan klik “Bill Williams” pada daftar indikator. Nantinya Anda akan menemukan opsi untuk memilih bulls power. 

2. Ditampilkan dalam bentuk histogram 

Nantinya parameter akan memiliki tampilan dalam bentuk histogram di bawah grafik harga. Jika histogram positif menunjukkan dominasi bullish dan saat nilai yang negatif menunjukkan dominasi bearish. Wajib untuk memperhatikan perubahan nilai histogram dari positif ke negatif maupun sebaliknya karena berisi petunjuk mengenai perubahan kekuatan pembeli dan penjual di pasar.

3. Cari divergensi 

Pastikan untuk memperhatikan apakah ada divergensi pada pergerakan harga dan indikator bulls power. Wajib untuk mengenali tanda divergensi hidden bullish yang muncul saat harga berada di posisi tinggi lebih tinggi sedangkan indikator mencetak tinggi yang rendah. 

Kondisi ini mengindikasikan bahwa kekuatan pembeli mulai melemah sehingga ada kemungkinan pembalikan harga bearish. Namun divergensi bearish muncul saat harga mencetak rendah lebih rendah sedangkan parameter berada dalam posisi rendah yang lebih tinggi. Ada indikasi bahwa kekuatan pembeli mengalami peningkatan dan ada potensi pembalikan harga bullish. 

4. Menggunakan alat analisis lain 

Disarankan untuk menggunakan parameter sebagai alat bantu dan kombinasikan dengan alat analisis teknikal lain seperti moving average. Tujuannya untuk mendapatkan konfirmasi sinyal trading dengan tepat. Misalnya parameter menunjukkan nilai positif tetapi harga berada di atas garis moving average maka memberikan sinyal kuat untuk posisi beli. 

Cara Membacanya di Metatrader 5

Setelah tahu bagaimana cara menggunakannya maka wajib tahu seperti apa cara membaca indikator bulls power pada mt5 dengan baik dan benar. Dengan langkah seperti ini maka Anda paham dengan informasi yang dimiliki sehingga bisa memanfaatkannya. Berikut cara membacanya yaitu: 

1. Sinyal bullish

Apabila indikator ini memiliki peningkatan nilai positif dan histogram berada di level atas nol maka dianggap sebagai sinyal bullish. Anda bisa mencari peluang pada saat histogram meningkat di mana menembus level 0. Kondisi ini menunjukkan bahwa kekuatan pembeli meningkat sehingga ada potensi pergerakan harga bullish.

2. Melakukan konfirmasi trend 

Jangan lupa pula untuk memanfaatkan indikator bulls power sebagai alat konfirmasi untuk trend bullish yang sedang berlangsung. Saat harga berada di atas garis moving average dan indikator menunjukkan histogram positif kuat maka menjadi konfirmasi bahwa trend bullish sedang berlangsung. Anda dapat mencari peluang beli ketika harga kembali menguji level support saat trend naik.

3. Divergensi bullish

Wajib memperhatikan divergensi bullish antara pergerakan harga dan indikator ini. Divergensi bullish tercipta saat harga mencetak tinggi lebih tinggi sedangkan indikator mencetak tinggi yang lebih rendah. 

Jadi Anda mendapatkan sinyal potensial bahwa kekuatan pembeli mulai melemah tetapi ada kemungkinan pembalikan harga bullish. Dengan memanfaatkan kondisi ini maka dapat mencari peluang beli saat harga membentuk pola pembalikan seperti double bottom di sekitar zona divergensi. 

4. Melakukan konfirmasi dengan pola chart

Tidak ada salahnya untuk memanfaatkan indikator ini sebagai alat konfirmasi untuk pola chart yang menunjukkan kecenderungan bullish. Misalnya saat harga membentuk pola higher high dan higher low maka indikator ini menunjukkan kenaikan histogram positif sehingga memberikan konfirmasi untuk mengambil posisi beli. 

Artinya ada banyak pola chart yang dapat digunakan seperti ascending triangle double bottom, dan masih banyak lainnya sebagai titik masuk potensial. 

Baca juga tentang : Sinyal Indikator Kuskus Starlight dan Tips Menggunakannya

Jangan Lupa Memanfaatkan Manajemen Risiko 

Wajib untuk trader ingat bahwa harus memanfaatkan manajemen risiko ketika menggunakan indikator bulls power. Wajib untuk selalu pasang level stop loss yang sesuai, tentunya Anda dapat memanfaatkan indikator ini untuk membantu mengidentifikasi perubahan kekuatan pembeli saat histogram indikator mulai menurun maka menjadi indikasi bahwa kekuatan pembeli melemah. 

Pastinya ada potensi pembalikan harga sehingga harus selalu waspada terhadap perubahan kondisi pasar dan atur stop loss sesuai kebutuhan. Dengan menggunakan manajemen risiko maka bisa melindungi modal dari kerugian berlebihan. Jadi dengan manajemen risiko Anda bisa menetapkan batas yang dapat diterima untuk setiap perdagangan. 

Bahkan fungsi penting dari manajemen risiko ini dapat mengendalikan emosi Anda untuk selalu tetap tenang dan rasional walaupun berada di bawah tekanan pasar. Karena emosi bisa memberikan pengaruh besar terhadap performa Anda terhadap trading seperti emosi keserakahan dan ketakutan yang bisa mengganggu pengambilan keputusan yang objektif. 

Jika mengambil keputusan berdasarkan emosi maka tidak menutup kemungkinan hasilnya akan buruk sehingga diperlukan manajemen risiko yang jelas. Kehadiran manajemen risiko juga membantu Anda untuk selalu konsisten dalam menerapkan strategi ini setiap hari.

Dengan melakukannya secara konsisten maka bisa membangun kepercayaan diri dan disiplin di mana sangat diperlukan jika ingin sukses dalam jangka waktu lama. Pastinya bisa melatih emosi untuk menghadapi ketidakpastian pasar dengan kepala dingin. Percuma jika Anda tahu bagaimana cara memanfaatkan indikator bulls power tetapi tidak menggunakan manajemen risiko. 

KOMENTAR DI SITUS

FACEBOOK

Tampilkan komentar yang lebih lama