Pusat Edukasi

Rumah Pusat Edukasi Belajar Forex Pusat Edukasi Gratis Tips dan Strategi Trading Silver Bagi Pemula

Tips dan Strategi Trading Silver Bagi Pemula

by Didimax Team

Strategi trading silver umumnya harus diketahui oleh para trader guna agar bisa meraih keuntungan bertrading. Trading silver merupakan salah satu teknik yang dianggap cukup populer dan sampai saat ini menjadi salah satu instrumen yang masih sering diperdagangkan. 
 
Bahkan, di seluruh dunia orang-orang dapat menjual ataupun membeli silver ini dengan volume dan spread lebih ketat. Selain itu, terkait trading ini juga telah terbukti menjadi salah satu pendekatan dengan jangka panjang. 
 
 

Mengenal Istilah Trading Silver Berikut

Silver merupakan salah satu aset yang memang sangat populer dan fluktuatif untuk diperdagangkan. Keberadaannya tentu akan menjadikan peningkatan fleksibilitas bagi para trader dengan penerapan berbagai teknik bertrading yang berbeda. 
 
Jika diperhatikan dengan lebih teliti, terkait grafik harga jenis trading ini menunjukkan ke arah fluktuasi yang cenderung tinggi di setiap harinya. Bahkan, untuk volatilitasnya juga bisa lebih besar apabila dibandingkan dengan jenis Gold. 
 
Hal ini menyebabkan, prospek keuntungan dari adanya trading silver tak hanya berasal dari potensi kenaikan harganya saja, melainkan juga berasal dari adanya peluang buy sell di tengah fluktuasi yang tinggi. 
 
Sehingga bagi para trader, tak terkecuali trader pemula sekalipun harus mengetahui berbagai tips dan strategi trading silver yang tepat sebelum memulai aktivitas bertrading dengan menggunakan jenis ini. 

Beberapa Strategi Trading Tren Silver

Pada dasarnya, ketika melakukan aktivitas bertrading jenis apapun akan melibatkan beberapa strategi yang berguna untuk memberikan keuntungan. Dengan menentukan strategi yang tepat, otomatis akan menghindarkan trader dari risiko kerugian yang mungkin saja terjadi. 
 
Untuk itulah, trader tidak disarankan untuk melewatkan penerapan teknik-teknik yang berperan cukup penting. Pada jenis ini, adapun strategi yang dapat Anda gunakan, yakni:

1. Menentukan Tren

Strategi trading silver pertama yang harus dilakukan oleh para trader adalah dengan menentukan tren. Umumnya, kondisi pasar akan membuat pergerakan harga tidak terduga dan cukup ekstrim di sepanjang waktunya. 
 
Adanya teknik ini akan menjadikan para trader mampu untuk melihat harga tertinggi hingga terendah dari aset dan itu merupakan hal penting yang sangat berguna bagi kemajuan aktivitas trading. 
 
Contohnya, ketika kondisi pasar tren sedang naik akan diidentifikasi oleh beberapa titik terendah atau bahkan lebih tinggi secara berturut-turut. Sebaliknya, rangkaian harga tertinggi dan terendah juga akan mewakili pasar tren dalam kondisi tertentu. 

2. Menghindari Kebisingan Sinyal

Strategi trading silver selanjutnya yaitu trader sebisa mungkin untuk menghindari adanya kebisingan sinyal. Pada dasarnya, trader akan membutuhkan alat yang dipakai untuk mengidentifikasi sinyal agar bisa tepat sasaran. 
 
Hal tersebut sebenarnya cukup sulit dilakukan, mengingat trader harus menyaring terlebih dulu sinyal dalam jangka waktu yang relatif singkat. Tapi jangan khawatir, sebab trader akan dibantu dengan berbagai indikator teknik, seperti:
 
MACD
 
RSI
 
Moving Average
 
Stochastic

3. Menggunakan Alat Manajemen Risiko

Strategi trading silver selanjutnya yaitu Anda dapat menggunakan alat untuk memanajemen risiko. Keberadaan alat untuk memanajemen risiko ini cukup penting dibutuhkan dalam aktivitas trading. 
 
Ketika Anda sedang menjalankan trading silver, maka Anda dapat menempatkan pesanan stop loss dan take profit yang bisa menjadi pilihan terbaik. Terlebih jika Anda juga memakai trading silver tren-nya. 
 
Selain itu, pastikan Anda sebagai trader harus menghindari pengambilan risiko melebihi 1% dari modal yang dimiliki pada saat itu. 

Strategi Trading Silver Range Bound

Selain mengetahui seputar strategi trading tren silver, trader juga harus mengetahui dan bisa menerapkan strategi pada jenis range bound. Meski pada strategi sebelumnya bisa menjadi opsi yang tepat untuk menyesuaikan kondisi pasar, namun pada jenis ini juga tak kalah hebatnya ketika diterapkan dalam kegiatan bertrading. 
 
Dengan menerapkan teknik range bound, maka trader akan bisa bekerja dengan lebih baik ketika menghadapi kondisi di pasar keuangan. Ketika ingin menerapkannya, maka trader harus mempertimbangkan langkah-langkan penting yang harus diselesaikan, yakni sebagai berikut:

1. Melakukan Identifikasi Rentang

Strategi trading silver range bound pertama yaitu dengan melakukan identifikasi terkait rentangnya. Dalam teknik ini bisa dimulai dengan menentukan suatu jangkauan. Nantinya ketika menerapkan teknik ini trader juga akan membutuhkan bantuan tambahan untuk memaksimalkan kinerjanya. 
 
Ketika menerapkan strategi ini, trader perlu melakukan identifikasi terhadap area support dan resistance. Pada area support, trader harus mempertahankan keseluruhan posisi terendah yang terkoneksi secara horizontal. Sedangkan untuk menentukan area support, maka harus melakukan hal yang serupa namun dalam tingkat lebih tinggi. 

2. Menyaring Sinyal

Strategi trading silver range bound selanjutnya adalah melakukan penyaringan sinyal. Dalam teknik ini sebenarnya memiliki prinsip yang cukup sederhana. Pada saat harga sudah bergerak ke kisaran bawah, hal tersebut menunjukkan peringatan untuk trader agar menjual silver.
 
Namun ketika harga bergerak ke ujung kisaran lebih tinggi, maka hal ini memiliki arti bahwa trader bisa melakukan penjualan aset. Tujuan dari teknik ini yaitu pengguna bisa memanfaatkan spread lebih ketat dan rasio risiko hadiah lebih tinggi lagi. 

3. Melakukan Intruksi

Strategi trading silver range bound selanjutnya yaitu dengan menjalankan segala intruksi yang ada. Dalam teknik ini Anda diminta untuk melindungi aktivitas trading Anda karena kemungkinan harga bisa saja menembus cepat pada level support dan resistance. 
 
Pada teknik inilah yang juga akan menyuruh trader melakukan take profit dan stop loss dengan kemungkinan besarnya akan sangat berdampak pada pencapaian keuntungan. 
 
Dalam hal ini, jika trader membeli silver, maka harus menempatkan stop loss berada di posisi bawah level support. Sedangkan jika trader melakukan short, maka stop loss harus diposisikan pada bagian atas resistance. 
 

Tips Trading Silver untuk Pemula

Setelah mengetahui dua strategi trading silver yang bisa diterapkan untuk membantu meraih keuntungan bertrading, tentu Anda harus mengetahui pula bagaimana tips-tips yang tepat untuk melakukan trading jenis ini. 
 
Kebanyakan trading pastinya akan dilakukan secara online, termasuk pada jenis silver ini. Sehingga perlu adanya tips yang tepat bagi para trader agar sukses menjalankan strategi-strateginya. Adapun tips yang dapat Anda terapkan, antara lain sebagai berikut:
 
1. Agar para trader bisa meraih keuntungan maksimal drai pengurangan biaya spread, maka sebaiknya memperdagangkan silver dalam rentang waktu yang tepat. Waktu tepat untuk memperdagangkannya yakni antara pukul 1 siang sampai 11 malam dan hari Senin – Kamis. 
 
2. Terkait alat manajemen risiko utama pada strategi trading silver akan melibatkan pesanan stop loss dan take profit. Dalam hal ini, trader tidak boleh nekat dalam mengambil risiko lebih dari 5%. Risiko tersebut dihitung dari keseluruhan modal pribadi ketika mulai melakukan aktivitas trading.
 
3. Trader perlu melakukan analisis grafik, teknis, serta indikator karena akan sangat membantu dalam menentukan kondisi pasar. 
 
Ketika sudah mengetahui penjelasan seputar strategi dan tips sukses melakukan trading silver, maka trader juga bisa memanfaatkan platform DIDIMAX untuk membantu meraih keuntungan dengan cepat. 
 
Jika Anda bisa menerapkan strategi trading silver dengan baik bersama DIDIMAX, maka aktivitas bertrading ini akan memberikan keuntungan lebih maksimal.

KOMENTAR DI SITUS

FACEBOOK

Tampilkan komentar yang lebih lama