Pusat Edukasi

Rumah Pusat Edukasi Belajar Forex Pusat Edukasi Gratis Faktor Harga Trading Silver dan Hal Penting Sebelum Melakukannya

Faktor Harga Trading Silver dan Hal Penting Sebelum Melakukannya

by Didimax Team

Faktor harga trading silver pada dasarnya memiliki grafik fluktuasi harga cenderung sangat tinggi di setiap harinya. Hal inilah menjadi salah satu alasan mengapa jenis trading ini cukup banyak dilakukan oleh para trader untuk meraih keuntungan.
 
Selain itu, aktivitas ini juga salah satu jenis trading yang difasilitasi oleh pialang berjangka dengan prospek keuntungannya cukup besar jika dibandingkan dengan trading emas. Lantas, apa saja faktor harga yang mempengaruhi trading silver dan cara penerapannya?
 

Beberapa Faktor Harga Trading Silver

Tidak jauh berbeda dengan emas, pada umumnya terkait harganya ini bisa sangat fluktuatif dikarenakan asetnya mengacu pada nilai simpanan yang ada. Hal ini menjadi alasan mengapa para investor harus selalu berhati-hati dalam memantau harga pasar untuk menghindari kerugian. 
 
Selain itu, investor juga perlu untuk mempertimbangkan terkait faktor yang berpengaruh pada aktivitas ini. Adapun untuk faktor harganya antara lain sebagai berikut:

1. Short Selling Silver

Faktor harga trading silver pertama dipengaruhi oleh short selling silvernya. Pada dasarnya, untuk short selling ini dapat dijadikan sebagai alat untuk menekankan harga terkait trading jenis silver ini. 
 
Namun, short selling ini akan berbeda dengan pesanan pada umumnya akan beroperasi sebagai transaksi tidak lengkap. Jadi, dalam faktor ini sangat penting untuk diperhatikan oleh para trader.

2. Investor

Faktor harga trading silver selanjutnya ialah dipengaruhi oleh investor. Jika silver dibandingkan dengan emas, maka tarif jualnya memiliki nilai cenderung lebih rendah. Namun di saat bersamaan, kondisi pasar silver juga ikut merendah. 
 
Hal inilah menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi harga dari aktivitas ini. Harganya lebih mudah dipengaruhi dan dimanipulasi oleh pelaku pasar atau investor yang lebih besar. Singkatnya, pelaku ataupun investor besar bisa memberi dampak secara langsung terhadap tarif yang ada dalam aktivitas ini. 

3. Permintaan

Faktor harga trading silver selanjutnya yaitu terletak pada permintaannya. Tidak hanya permintaan konsumennya saja, melainkan juga faktor dari permintaan di bidang industri dan komersial. 
 
Pada produsen industri akan berkaitan dengan peningkatan kebutuhan logam bersama dengan produsen di bidang perhiasan. Kasus ini bisa memberi dampak lebih besar terhadap harga pada aktivitas bertrading. 
 
Selain itu, untuk aktivitas ini juga cenderung mudah digunakan di berbagai bidang lainnya. Dengan banyaknya produk yang memasuki pasar valuta asing tersebut, maka kebutuhan terkait permintaan juga akan semakin besar. 

4. Hedge

Faktor harga trading silver selanjutnya yaitu dipengaruhi oleh hedge. Tidak jauh berbeda dengan emas atau logam mulia lainnya, silver umumnya juga bisa dipakai sebagai alat pelindung nilai. Adapun nilai yang dimaksudkan ini, yaitu:
 
Deflasi
 
Devaluasi
 
Dalam hal ini trader harus mempertimbangkan dan memperhitungkan hubungan cukup kuat antara USD dengan trading silver. 

5. Harga Emas

Faktor harga trading silver selanjutnya yakni dipengaruhi oleh harga emas. Mengingat harganya cenderung fluktuatif, maka emas memiliki dampak terhadap pelacakan harganya di beberapa titik.

Hal-Hal Sebelum Melakukan Trading Silver 

Setelah melihat berbagai faktor-faktor yang mempengaruhi harga trading silver, trader juga harus mengetahui bagaimana cara-cara yang baik dalam penerapannya. Cara ini harus bisa diikuti dengan runtut dan benar agar terhindar dari risiko kerugian.
 
Selain faktor harga trading silver, trader juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan aktivitas ini. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan oleh trader antara lain sebagai berikut:

1. Volatilitas Harga Sangat Tinggi

Hal pertama dan harus diperhatikan sebelum melakukan aktivitas bertrading jenis ini yaitu memperhatikan volatilitas harga yang cenderung tinggi. Adanya volatolitas tinggi akan menghadirkan suatu peluang keuntungan dan risiko cenderung lebih besar. 
 
Bayangkan saja jika trader membuka posisi buy USD/XAG dan harganya melesat tinggi, tentu saja keuntungan yang akan didapatkannya lebih besar. Tetapi jika setelah trader membuka posisi beli dan ternyata harganya semakin turun, maka kerugian yang akan didapatkan juga tidak sedikit. 
 
Jadi sebelum melakukan trading jenis silver ini sebaiknya trader memperhitungkan kembali terkait money manajemen-nya sebelum memulai trading. 

2. Ketahui Volatilitas Sesi New York  Lebih Tinggi

Hal berikutnya yang harus diperhatikan selain faktor harga trading silver yaitu volatilitas pada sesi New Yok lebih tinggi. volume dan volatilitas harganya pada saat sesi Asia ini umumnya jauh lebih rendah. 
 
Bahkan pada sesi tersebut juga sangat jarang muncul adanya Price Action yang menonjol. Jika Anda ingin memanfaatkan volatilitas harganya jauh lebih tinggi lagi, maka harus melakukan aktivitas trading pada awal sesi waktu New York. 
 
Berkaitan dengan waktu ini, terdapat informasi yang menyebutkan bahwa satu jam pertama sesi ini harga silver seringkali akan jatuh. Jika informasi tersebut ternyata benar, maka bisa dijadikan sebagai peluang untuk bertrading saat itu juga. 

3. Ingat Bahwa Jenis Trading Ini Belum Tentu Cocok

Hal selanjutnya ini cukup penting diketahui dan diingat yaitu jenis trading slver ini belum tentu akan cocok untuk Anda, apalagi para pemula. Jika trader masih belum berpengalaman kemungkinan besar akan terkejut jika mendapati faktor harga trading silver yang terbilang fluktuatif. 
 
Sehingga hal tersebut akan berpengaruh pada keputusan trading yang dipengaruhi oleh kondisi psikologis ketika harganya anjlok. Bahkan bagi para trader yang berpengalaman dan profesional sekalipun, disarankan untuk menyiapkan satu sistem ataupun referensi untuk menjaga stabilitas aktivitas trading jenis ini.
 
Jadi, jangan selalu beranggapan bahwa setiap trader bisa dan cocok dalam menerapkan trading jenis silver untuk meraih keuntungan maksimal. 

4. Menghindari Timeframe Terlalu Rendah

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan para trader yaitu menghindari adanya timeframe yang terlalu rendah. Umumnya, untuk fluktuasi harga yang tinggi tidak akan cocok dengan timeframe yang rendah. 
 
Untuk pilihan strategi yang terbaik bagi jenis aktivitas bertrading ini yaitu Swing, Day, atau beberapa teknik lain yang memerlukan timeframe rendah. Tetapi jika trader berniat untuk melakukan scalping, maka bisa memilih timeframe yang relatif lebih longgar. 
 
Selain itu, trader juga sebaiknya menghindari aktivitas ini pada timerfame terlalu rendah, karena akan sangat menegangkan dan cukup berisiko. Baca juga tentang :  Tips Menggunakan Time Frame di Metatrader 5 Agar Tidak Salah

5. Harga Silver dan Emas Berkorelasi Positif

Terakhir selain faktor harga trading silver, hal yang perlu diketahui oleh trader yaitu terkait harga silver dan emas yang memiliki korelasi positif. Bahkan dalam jangka panjang sekalipun, pergerakan harganya ini mempunyai korelasi cukup positif dengan harga emas. 
 
Hal tersebut memiliki arti bahwa jika emas harganya naik, maka silver juga akan cenderung naik. Tapi jika emas harganya turun, maka silver juga akan ikut rendah. 
 
Timbulnya korelasi ini pada dasarnya disebabkan karena sebagian sumber permintaan emas sama dengan silver. Bahkan jika dalam kondisi pertumbuhan ekonomi melambat dan permintaan menurun, maka harga keduanya tersebut menjadi landai. 
 
Mengingat adanya faktor harga trading silver dan beberapa hal yang harus diperhatikan di atas, maka Anda bisa menggunakan bantuan pialang berjangka DIDIMAX untuk memaksimalkan aktivitas trading Anda.

KOMENTAR DI SITUS

FACEBOOK

Tampilkan komentar yang lebih lama