Pusat Edukasi

Rumah Pusat Edukasi Belajar Forex Pusat Edukasi Gratis Tips Menggunakan Time Frame di Metatrader 5 Agar Tidak Salah

Tips Menggunakan Time Frame di Metatrader 5 Agar Tidak Salah

by Didimax Team

Jika berbicara mengenai trading maka tidak bisa dipisahkan dari menggunakan time frame yang juga ada di MetaTrader 5. Timeframe merupakan periode waktu yang digunakan trader untuk melakukan sesuai trading dimana bervariasi mulai dari menit, hari, minggu, bahkan bulan. 

Tentunya manfaatnya sangat vital sehingga tidak boleh sembarangan dalam proses penggunaannya. Hal dasar mengenai penggunaan time frame ini harus diketahui oleh trader agar tidak melakukan kesalahan fatal. 

Karena kesalahan kecil sekalipun bisa memberikan pengaruh yang besar terhadap kesuksesan ketika trading. Inilah langkah yang harus dilakukan jika menggunakannya dalam MetaTrader 5.

 

Panduan dalam Menggunakan Time Frame di Metatrader 5 

Jika Anda masih kebingungan bagaimana menggunakan time frame pada MetaTrader 5 maka bisa mengikuti panduan ini. Pastikan tidak melewatkan salah satu langkah jika ingin hasilnya berhasil. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu: 

1. Download aplikasi MetaTrader 5

Jika Anda ingin trading di MetaTrader 5 maka jangan lupa untuk mendownload aplikasinya. Kemudian daftar terlebih dahulu mengikuti petunjuk yang ada. Apabila kesulitan untuk menjalankan aplikasi ini maka bisa menghubungi dukungan teknis sehingga bisa mempelajari lebih lanjut. Tentunya proses pendaftaran akun tidak memakan waktu lama. 

2. Cari menu

Apabila Anda sudah memiliki akun di MetaTrader 5 maka carilah kebahagiaan atas layar dan temukan menu “charts”. Klik menu tersebut nantinya akan muncul menu dropdown dan pilih opsi “time frame”. 

Nantinya Anda akan meuncul 21 jenis dimana setiap tipe harus disesuaikan dengan kegiatan trading. Untuk menggunakan menggunakan time frame di platform ini tidak sulit, tapi Anda ditekankan untuk memilih dengan tepat agar dapat memanfaatkan secara maksimal. 

Pengaruh Pemilihan Tim Frame Terhadap Kegiatan Trading 

Banyak trader masih menganggap remeh menggunakan time frame sehingga memilih secara asal-asalan. Padahal fungsinya sangat vital sehingga memberikan pengaruh besar dalam kegiatan ini. Inilah informasi menggambarkan seberapa penting kehadirannya yaitu:

1. Membantu analisis trend 

Dengan menggunakan time frame maka bisa membantu Anda melihat trend dalam jangka waktu tertentu. Jika memilih yang durasinya panjang seperti harian maupun mingguan maka memberikan gambaran mengenai trend jangka panjang. 

Apabila memilih yang pendek seperti jam dan menit maka memberikan gambaran trend lebih dekat. Dengan pemilihan tepat bisa membantu Anda mengambil keputusan trading sesuai dengan arah trend tersebut. 

2. Sinyal trading 

Jenis berbeda bisa menghasilkan sinyal trading berbeda pula. Inilah alasan mengapa pada saat pemilihannya harus dilakukan dengan matang. Untuk jenis yang lebih pendek akan menghasilkan lebih banyak sinyal tetapi volatilitasnya tinggi. 

Namun saat memilih tema frame yang panjang menghasilkan sinyal lebih sedikit tetapi probabilitas keberhasilannya juga tinggi. Pada saat pemilihan maka harus disesuaikan dengan strategi dan gaya trading Anda agar bisa mengidentifikasi sinyal dengan tepat. 

3. Manajemen risiko 

Pemilihan time frame memberikan pengaruh juga terhadap manajemen risiko dimana saat memilih kerangka waktu pendek cenderung memiliki pergerakan harga cepat disertai volatilitas tinggi. Kondisi ini memberikan pengaruh terhadap target profit dan stop loss.

Namun saat menggunakan kerangka waktu pendek maka harus menempatkan stop loss dengan ketat dan target profil kecil agar mengakomodasi pergerakan harga cepat. Namun saat menggunakan versi lebih panjang bisa membantu Anda menggunakan stop loss dan target profit lebih lebar agar memberikan ruang pergerakan harga besar. 

4. Waktu trading 

Dengan memilih yang tepat maka bisa memberikan pengaruh juga terhadap waktu trading dimana jenis pendek cocok untuk trading jangka pendek dimana bisa dilakukan dengan cepat. Pada saat memilih kerangka waktu panjang maka cocok untuk yang melakukan trading jangka menengah hingga panjang sehingga posisi dapat dijaga selama beberapa hari bahkan mingguan.

Cara Mengaturnya di Metatrader 5 

Setelah tahu bagaimana cara menggunakan time frame maka wajib paham tentang cara mengaturnya. Tentunya panduan untuk mengaturnya ini tidak kalah penting dari informasi cara mengaturnya. Inilah langkah-langkah dalam mengaturnya yaitu: 

1. Buka grafik 

Langkah menggunakan time frame pertama yaitu buka grafik dari jenis pasangan mata uang yang ingin dianalisis dengan kerangka waktu tertentu. Anda dapat melakukannya dengan mengklik pasangan mata uang yang ingin di tradingkan di menu market watch dan menariknya ke jendela grafik atau mengklik kanan pada pasangan mata uang tersebut dan pilih menu grafik.

2. Bila tipe frame di toolbar 

Setelah grafik terbuka maka lihat toolbar di bagian kanan atas grafik. Pada toolbar tersebut Anda bisa melihat icon jam dengan angka dan klik pada icon tersebut. 

3. Pilih jenis yang diinginkan 

Langkah selanjutnya yaitu akan muncul daftar yang tersedia. Kemudian Anda hanya perlu memilih salah satu jenis untuk menggunakan time frame yang telah sesuai dengan analisis digunakan. 

4. Grafik akan berubah 

Setelah memilih nanti secara otomatis grafik akan berubah sesuai dengan pilihan Anda. Hal ini akan memberikan gambaran mengenai pergerakan harga pada kerangka waktu yang lebih panjang atau pendek sesuai dengan pilihan. 

5. Custom time frame

Jika Anda ingin menggunakan versi custom yang tidak tersedia dalam daftar maka bisa menggunakan fitur custom time frame di platform ini. Nantinya hanya perlu memilih yang sesuai dengan keinginan. Karena tidak menutup kemungkinan jenis yang tersedia tidak cocok dengan strategi trading. 

Baca juga tentang : Request Execution Metatrader 5 Menguntungkan Para Trader

Jenis Manakah yang Paling Menguntungkan? 

Banyak trader ingin menggunakan time frame yang bisa memberikan keuntungan. Apalagi ada banyak jenisnya sehingga terkadang bingung memilih mana yang cocok. Sebenarnya setiap jenis memiliki peluang tersendiri asal Anda memanfaatkannya dengan benar dan disiplin. 

Jadi keuntungan bisa didapatkan di kerangka waktu manapun asal Anda bisa menggunakannya secara maksimal dan tidak sembarangan. Inilah alasan mengapa pada saat proses pemilihannya harus melalui pertimbangan matang Dimana disesuaikan dengan strategi dan gaya trading. 

Hal dasar seperti ini harus Anda pahami sehingga proses pemilihan menjadi lebih mudah. Apabila tidak ada kecocokan antara gaya trading dengan kerangka waktu maka bisa jadi akan buruk hasilnya. Apalagi setiap kerangka waktu tidak cocok dengan semua gaya trading.

Misalnya Anda menggunakan gaya trading scalping maka disarankan untuk menggunakan kerangka waktu 1 sampai 5 menit. Jika menggunakan gaya trading jenis swing maka disarankan menggunakan kerangka waktu mulai dari 4 jam sampai 1 hari. 

Namun untuk para pemula sangat disarankan untuk menggunakan kerangka waktu panjang karena lebih mudah dari segi proses analisisnya. Bahkan pergerakan harga trennya juga mudah terlihat sehingga sangat membantu untuk belajar. Dilarang keras juga untuk melirik kerangka waktu lain mengingat trend di setiap kerangka waktu berbeda sehingga berpotensi untuk mengambil keputusan salah. 

Bahkan cara ini bisa menyebabkan profil yang didapat tidak maksimal sehingga saat menetapkan pilihan maka harus berfokus dengan jenis tersebut. Inilah beberapa alasan mengapa informasi dasar mengenai menggunakan time frame harus dikuasai oleh trader pemula. 

KOMENTAR DI SITUS

FACEBOOK

Tampilkan komentar yang lebih lama